Saturday 15 September 2012

System suspensi

Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid) terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan
  • Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas  
  1. Rodadalamsatuporosdihubungkandenganporoskaku (rigid), poroskakutersebutdihubungkankebodidenganmenggunakanpegas, peredamkejutdanlengankontrol (control arm),
  2. Awalnya semua kendaraan menggunakan sistem ini. Sampai sekarang sebagian besar kendaraan berat seperti truck, masih menggunakan sistem ini, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda belakang.
  • Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid)
  1. Antararodadalamsatuporostidakterhubungsecaralangsung, masing-masingroda (rodakiridankanan) terhubungkebodiataurangkadenganlengansuspensi (suspension arm), pegasdanperedamkejut  
  2. Goncangan /getaran pada salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain
  3. Umumnya kendaraan penumpang menggunakan sistem ini pada semua poros rodanya, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda depan sedangkan pada poros roda belakang menggunakan sistem suspensi dependen pada poros roda belakang. Tipe MacPherson strut dan double-wishbone termasuk dalam jenis sistem ini.

No comments:

Post a Comment