INSTRUMEN
EVALUASI DIRI RENCANA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN ( PKB ) GURU
Format 1: Evaluasi Diri Guru ( diisi oleh Guru )
Nama Sekolah: SMK YASMU MANYAR GRESIK
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||
Alamat :Jl. Kyai Sahlan I/24
|
Kecamatan: Manyar
|
Kabupaten : Gresik
|
|
Nama Guru: Nurul huda, S.Pd.
|
Tahun Pelajaran: 2012-2013
|
Tanggal: 07
Januari 2013
|
|
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
|
EVALUASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI
TERKAIT
|
||
I.
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
|
|||
1. Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Saya
sudah menyusun RPP sesuai standar proses
|
||
2. Guru menyusun
bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
|
|||
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang
efektif
|
Saya
sudah membuat kegiatan pembelajaran
|
||
4. Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran
sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
Saya memilih sumber
belajar/media pembelajaran sesuai dengan
materi dan strategi pembelajaran
|
||
II. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN
EFEKTIF
|
|||
A.
Kegiatan
pendahuluan
|
|||
5. Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
Kadang-kadang
saya tidak melaksanakan apersepsi
|
||
B.
Kegiatan
inti
|
|||
6. Guru menguasai materi pelajaran
|
Saya sudah menguasai materi
pelajaran
|
||
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi
pembelajaran yang efektif
|
Saya sudah menerapkan
pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
||
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran
|
Saya memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
yang ada di se
|
||
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan
siswa dalam pembelajaran
|
Komunikasi
saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak menemukan kendala
dalam aspek ini.
|
||
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat
dalam pembelajaran
|
Saya merasa tidak mengalami kendala
dalam menggunakan bahasa kepada peserta didik dalam
pembelajaran
|
||
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Saya tidak mengalami kendala dalam
mengakhiri pembelajaran
|
||
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|||
12. Guru merancang alat penilaian untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan
belajar peserta didik
|
Saya tidak mengalami kendala dalam
melakukan penilaian aspek
afektif dan psikomotorik
|
||
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode
penilaian untuk memantau kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP
|
Saya belum melakukan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
||
14. Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik
bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya
|
Saya belum memanfatkan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
||
Tanda Tangan Guru
Nurul huda, S.Pd
|
Tanda Tangan
Kepala Sekolah
Drs. Sunarto
|
||
Nama Sekolah:
SMK YASMU MANYAR GRESIK
|
Nomor
Statistik Sekolah:
|
|||||||||
Kecamatan:
MANYAR
|
Kabupaten/Kota:
GRESIK
|
Kecamatan:
MANYAR
|
||||||||
Nama Guru:
HAMZAH, S.Pd.
|
Tahun Ajaran:
2012-2013
|
Tanggal: 07
Januari 2013
|
||||||||
DIMENSI TUGAS
UTAMA/INDIKATOR
|
Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan indikator terkait
|
Strategi Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
a
|
b
|
|||||||||
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
||||||||||
1.
Guru memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan
karakteristik peserta didik
|
Mengikuti diklat penyusunan RPP di LPMP
|
√
|
||||||||
2.
Guru menyusun
bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
|
Mengikuti workshop bahan ajar di MGMP
|
√
|
||||||||
3.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
Menghadirkan nara sumebr dari perti
|
√
|
||||||||
4.
Guru memilih sumber belajar/
media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
Mencari sumber
belajar pada penerbit
|
√
|
||||||||
No comments:
Post a Comment