Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK YASMU MANYAR GRESIK
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
1. Mengapresiasi karya seni rupa
1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Menjelaskan
pengertian seni rupa terapan
Menyebutkan dan menjelaskan keunikan
karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
Menyebutkan dan menjelaskan keunikan
teknik seni rupa ukiran daerah Madura
Menyebutkan model/corak ukiran
Madura
Menggambar motif-motif ukiran Madura
Menyebutkan
sikap apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
|
Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin,
demokratis
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Kreatif
(Mengemukakan gagasan baru)
Mandiri
(Mampu mencari sumber belajar sendiri)
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa
dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
§ Siswa
dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam
karya seni rupa terapan daerah setempat
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Karya
seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan
fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2. Sikap
apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan
menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3. Seni
ukir Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)
F. Metode Pembelajaran
§ Diskusi
kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi keunikan gagasan
dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
· Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
|
§
Keunikan gagasan dan teknik seni
rupa terapan daerah
·
Sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
|
§
Siswa dapat
Diskusi
dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Madura
§
Siswa dapat
Praktik
menggambar motif cakra
·
Siswa dapat
Diskusi
tentang sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa
terapan daerah Madura
|
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak
mengingat pemahaman tentang karya seni rupa
Motivasi:
Memotivasi akan
pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
mengapresiasi karya seni rupa terapan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Dengan berdialog dan berdiskusi,
siswa diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak
mengapresiasi terhadap keunikan gagasan teknik seni rupa terapan daerah Madura
· Siswa mengerjakan tugas
latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur,
disiplin, demokratis.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur,
disiplin, demokratis,);
Penutup
· Dengan
bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman
materi
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Guru memberikan tugas rumah (PR)
H. Alat dan Bahan
1. Alat
: alat gambar
2. Sumber
belajar :
§ Buku
paket
§ Buku
lain yang relevan (LKS)
I. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Jelaskan
yang disebut karya seni rupa terapan!
2. Sebutkan
keunikan gagasan ukiran daerah Madura!
3. Sebutkan
minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Madura!
4. Sebutkan
motif-motif ukiran Madura!
5. Bagaimana
saran Anda agar ukiran Madura lebih maju dan berkembang!
Perhitungan nilai
akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir =
perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, Manyar,9
juli 2012
Kepala SMK YASMU Guru
Mata Pelajaran
Drs.SUNARTO Faidiyattul Indah,S.Pd
No comments:
Post a Comment