Busi adalah berfungsi untuk memberikan percikan bungah api apabila tegangan tinggi dari ignition coil sebesar 10.000 V suhunya 2000 c dan tekanan kg/cm
Struktu Komponen busi
Konstruksi busi
1.Elektro tengah Bagian elektroda tengan busi terbuat
dari paduan nikel. Dari ujung elektroda ini arus meloncat ke elektroda
masa (earth electrode) agar
terjadi loncatan bunga api. Elektroda tengah memiliki inti dari bahan
tembaga untuk meningkatkan kemampuan disipasi (pelepas/perambat) panas
saat busi bekerja dalam perubahan temperatur yang drastis.
2.Elektro pusat Gelombang yang dibuat pada permukaan insulator keramik (Creepage current barriers) berguna
untuk memperpanjang jarak permukaan antara terminal dan casing hal ini
untuk mencegah terjadinya loncatan bunga api tegangan tinggi. Sehingga
arus listrik dapat dipastikan mengalir melalui jalur elektroda tengah
tanpa mengalami kebocoran arus ke massa.
3.Rumah
Casing berfungsi untuk menyangga
insulator keramik dan sebagai mounting (dudukan untuk memasang) busi
pada mesin. Casing atau wadah busi ini memiliki peran penting dalam
membantu proses perambatan panas busi.
4.Elektro tepi Elektroda masa dibuat dari bahan yang sama dengan elektroda tengah yaitu
paduan nikel. Pada beberapa tipe busi, elektroda masa dibuat dengan
alur berbeda, ada yang dibuat alur U (U
Groove), alur V (V Groove)
dan alur-alur khusus lainnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan
loncatan bunga api sehingga mampu meningkatkan kemampuan
pengapian/pembakaran campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar.
5.Terminal ini dirancang dengan jenis
koneksi SAE atau ulir 4mm. Kabel pengapian atau kabel koil disambungkan
ke konekstor ini. Pada saat terbentuk tegangan tinggi maka tegangan
harus bisa dialirkan menuju ke ujung busi (elektroda busi).
Macam-macam Busi
kerusakan yang terdapat pada gambar di samping ini apabila sistem pembakaran tidak benar tidak akan parah
Mesin yang memiliki pembakaran baik adalah busi yang memiliki warna
kemerahan mirip warna batu bata. Air yang disuntikan ke dalam ruang
bakar telah berhasil 'menurunkan' temperatur ruang bakar dan ini
terlihat dari warna busi merah bata. Perlu di ingat bahwa semakin putih
warna elektroda busi maka ruang bakar terlalu panas saat mesin bekerja
No comments:
Post a Comment