Tuesday 19 March 2013

PKG (Penilaian Kerja Guru)


INSTRUMEN EVALUASI DIRI RENCANA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN ( PKB ) GURU
Format 1:   Evaluasi Diri  Guru ( diisi oleh Guru )
Nama Sekolah: SMK YASMU MANYAR GRESIK
Nomor Statistik Sekolah: 
Alamat :Jl. Kyai Sahlan I/24
 Kecamatan: Manyar
Kabupaten  :  Gresik
Nama Guru: Nurul huda, S.Pd.
Tahun Pelajaran: 2012-2013
Tanggal:  07  Januari 2013
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
EVALUASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI TERKAIT 
I.      PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.    Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
Saya sudah menyusun RPP sesuai standar proses
2.    Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
Saya belum membuat bahan ajar ,karena saya menggunakan  bahan ajar dari penerbit
3.    Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
Saya sudah membuat kegiatan pembelajaran
4.    Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
Saya memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
II.    PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A.   Kegiatan pendahuluan
5.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
Kadang-kadang saya tidak melaksanakan apersepsi
B.    Kegiatan inti
6.    Guru menguasai materi pelajaran
Saya sudah menguasai materi pelajaran
7.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
Saya sudah menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
8.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
Saya  memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran yang ada di se
9.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Komunikasi saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak menemukan kendala dalam aspek ini.
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
Saya merasa tidak mengalami kendala dalam menggunakan bahasa  kepada peserta didik dalam pembelajaran
C.    Kegiatan penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Saya tidak mengalami kendala dalam mengakhiri pembelajaran
III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN

12. Guru merancang alat penilaian  untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Saya tidak mengalami kendala dalam melakukan penilaian  aspek afektif dan psikomotorik
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
Saya belum melakukan   berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Saya belum memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Tanda Tangan Guru




Nurul huda, S.Pd
Tanda Tangan  Kepala Sekolah




Drs. Sunarto



Format 2:  Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator Guru)
Nama Sekolah: SMK YASMU MANYAR GRESIK
Nomor Statistik Sekolah:
Kecamatan: MANYAR
Kabupaten/Kota: GRESIK
Kecamatan: MANYAR
Nama Guru: HAMZAH, S.Pd.
Tahun Ajaran: 2012-2013
Tanggal: 07 Januari 2013
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan indikator terkait
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1
2
3
4
5
6
a
b
 I.          PERENCANAAN PEMBELAJARAN








1.         Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
Mengikuti diklat penyusunan RPP di LPMP









2.         Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
Mengikuti workshop bahan ajar di MGMP








3.         Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
Menghadirkan nara sumebr dari perti






4.         Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran


Mencari  sumber belajar pada penerbit









No comments:

Post a Comment