Tuesday 19 March 2013

RPP SENI BUDAYA

-->
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )
Nama Sekolah         :  SMK YASMU MANYAR GRESIK
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas/Semester      : X / 1
Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
 A.  Standar Kompetensi
1.      Mengapresiasi karya seni rupa
 B.  Kompetensi Dasar
1.1    Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
 C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan pengertian seni rupa terapan
  Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
  Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
  Menyebutkan model/corak ukiran Madura
  Menggambar motif-motif ukiran Madura
  Menyebutkan sikap apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
§  Siswa dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

E.  Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1.   Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2.   Sikap apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3.   Seni ukir Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)

F.   Metode Pembelajaran
§  Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
·   Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
§ Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
·   Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
§ Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
§ Siswa dapat  Praktik menggambar motif cakra
·   Siswa dapat  Diskusi tentang sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang karya seni rupa

Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap keunikan gagasan teknik seni rupa terapan daerah Madura
·                  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
·      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
·      Siswa dan guru melakukan refleksi
·      Guru memberikan tugas rumah (PR)

H.  Alat dan Bahan
1.   Alat : alat gambar
2.   Sumber belajar :
§  Buku paket
§  Buku lain yang relevan (LKS)

I.    Penilaian
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.   Jelaskan yang disebut karya seni rupa terapan!
2.   Sebutkan keunikan gagasan ukiran daerah Madura!
3.   Sebutkan minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Madura!
4.   Sebutkan motif-motif ukiran Madura!
5.   Bagaimana saran Anda agar ukiran Madura lebih maju dan berkembang!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                             Manyar,9 juli 2012
Kepala SMK YASMU                                             Guru Mata Pelajaran



Drs.SUNARTO                                                        Faidiyattul Indah,S.Pd

No comments:

Post a Comment