Tuesday 26 March 2013

SOAL BAN


1.Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan adalah merupakan salah satu ?
    
a.
Kemampuan Ban
c.
Karateristik ban
b.
Fungsi Ban
d.
Kekuatan Ban
 2. Lapisan karet  yang menutup bagian samping  ban dan melindungi  Carcass terhadap kerusakan  dari luar adalah?
        
a.
Sidewall
c.
Tread
b.
Carcass
d.
Breaker
 
3. Rangka ban yang keras, cukup kuat untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan.adalah ?
    
a.
Sidewall
c.
Tread
b.
Carcass
d.
Breaker
  4.  Lapisan yang terletak  diantara carcass dengan tread yang memperkuat daya  rekat keduanya, dan berfungsi untuk meredam  kejutan yang timbul  dari permukaan  jalan adalah ?

a.
Sidewall
c.
Breaker
b.
Carcass
d.
Tread
 
5.  Untuk mencegah robeknya  ban dari rim oleh karena itu  berbagai  gaya yang bekerja  adalah ?
             
a.
Sidewall
c.
Breaker
b.
Carcass
d.
Bead
  
6.  Indikator Keausan Ban (T.W.I = Tread Wear Indicator)  Indikator kausan ban adalah tonjolan di dalam tread yang jumlahnya empat sampai enam di sekeliling Ban dengan tinggi berapa sampai berapa ?
            
a.
1, 5  mm  sampai  1,7 mm
c.
1,7  mm  sampai  1,8 mm
b.
1,6 mm sampai 1,8 mm
d.
16  mm  sampai   18 mm

 7.  Ban yang bertekenan udara hanya ditahan oleh lapisan  ban dalam , yaitu lapisan  karet yang  kedap udara adalah ?
         
a.
Ban Bias
c.
Ban Tubeless
b.
Ban Radial
d.
Ban Tube

8. Bila ban tertusuk  paku atau benda tajam lainnya, ban tidak langsung menjadi kempes sekaligus karena lapisan dalamnya  menghasilkan efek  merapatkan sendiri, hal ini merupakan keuntungan dari  ?
            Jawab :

a.
Ban Radial
c.
Ban Tube Type
b.
Ban Tubeles
d.
Ban Bias

 9.  Pada pengkodean Ban Radial  adalah ?
             
a.
 19.5  /   70     H     R      1.4
(1)        (4)    (2)   (5)     (3)
c.
1.95     70    H     R     14    
 (1)      (4)   (2)   (5)   (3)     

b.

1.45      S      14      40R
 (1)      (2)     (3)      (4)

d.

195  /   70     H     R      14
(1)       (5)   (2)   (6)     (3)

 10.  Pengendaraan di jalan yang basah, Ban yang baik harus dapat mengalirkan air  dengan jumlah minimal  ?
           
a.
2 s/d 4 liter /detik pada kecepatan  60 km/jam
c.
4 s/d 5 liter /detik pada kecepatan  60 km/jam

b.
3 s/d 5 liter /detik pada kecepatan  60 km/jam

d.
5 s/d 6 liter /detik pada kecepatan  60 km/jam

  11.  Rating adalah merupakan satu istilah  yang dipakai untuk menyatakan  ?
          
a.
Keausan Ban
c.
Kelenturan Ban
b.
Ketebalan Ban
d.
Kekuatan Ban
 
12. Pelek merupakan komponen yang vital bagi keselamatan dalam pengemudian, sehingga  harus cukup kuat menahan beban vertikal dan beban samping sehingga didesain ?
             
a.
Harus seberat  mungkin  dan harus balance
c.
Harus seberat  mungkin 
b.
Harus seringan mungkin dan harus balance
d.
Harus balance saja tidak harus ringan

13. Deformasi  atau kelonggaran yang berlebihan pada bagian suspensi  akan mempengaruhi  front wheel aligment serta dapat mengakibatkan ?
        
a.
Keausan ban tidak normal
c.
Kerusakan front wheel aligment
b.
Kerusakan pada suspensi
d.
Rusaknya suspensi dan ban
14.  Pada pengkodean Ban,  angka  3 (tiga)  memberikan keterangan ?
             
a.
Diameter pelek dalam inchi

c.
Lebar ban  dalam inchi (Ban bias) atau milimeter (Ban Radial)
b.
Ban Radial
d.
Kecepatan maksimum yang di izinkan

 15.  Pada simbol kecepatan, huruf M menandakan kecepatan maksimal ?
           
a.
110  Km/h
c.
130  Km/h
b.
120  Km/h
d.
 140  Km/h

No comments:

Post a Comment