Tuesday 5 June 2012

BUSI


Busi adalah berfungsi untuk memberikan percikan bungah api apabila tegangan tinggi dari ignition coil sebesar 10.000 V suhunya  2000 c dan tekanan kg/cm 







Struktu Komponen busi
Konstruksi busi
1.Elektro tengah  Bagian elektroda tengan busi terbuat dari paduan nikel. Dari ujung elektroda ini arus meloncat ke elektroda masa (earth electrode) agar terjadi loncatan bunga api. Elektroda tengah memiliki inti dari bahan tembaga untuk meningkatkan kemampuan disipasi (pelepas/perambat) panas saat busi bekerja dalam perubahan temperatur yang drastis.
2.Elektro pusat  Gelombang yang dibuat pada permukaan insulator keramik (Creepage current barriers) berguna untuk memperpanjang jarak permukaan antara terminal dan casing hal ini untuk mencegah terjadinya loncatan bunga api tegangan tinggi. Sehingga arus listrik dapat dipastikan mengalir melalui jalur elektroda tengah tanpa mengalami kebocoran arus ke massa. 
3.Rumah 
Casing berfungsi untuk menyangga insulator keramik dan sebagai mounting (dudukan untuk memasang) busi pada mesin. Casing atau wadah busi ini memiliki peran penting dalam membantu proses perambatan panas busi.
4.Elektro tepi  Elektroda masa dibuat dari bahan yang sama dengan elektroda tengah yaitu paduan nikel. Pada beberapa tipe busi, elektroda masa dibuat dengan alur berbeda, ada yang dibuat alur U (U Groove), alur V (V Groove) dan alur-alur khusus lainnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan loncatan bunga api sehingga mampu meningkatkan kemampuan pengapian/pembakaran campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar.
5.Terminal ini dirancang dengan jenis koneksi SAE atau ulir 4mm. Kabel pengapian atau kabel koil disambungkan ke konekstor ini. Pada saat terbentuk tegangan tinggi maka tegangan harus bisa dialirkan menuju ke ujung busi (elektroda busi).

Macam-macam Busi


kerusakan yang terdapat pada gambar di samping ini apabila sistem pembakaran tidak benar tidak akan parah 
Mesin yang memiliki pembakaran baik adalah busi yang memiliki warna kemerahan mirip warna batu bata. Air yang disuntikan ke dalam ruang bakar telah berhasil 'menurunkan' temperatur ruang bakar dan ini terlihat dari warna busi merah bata. Perlu di ingat bahwa semakin putih warna elektroda busi maka ruang bakar terlalu panas saat mesin bekerja

No comments:

Post a Comment