Tuesday 26 June 2012

SISTEM PNEUMATIK


Pneumatik berasal dari bahasa Yunani  yang berarti udara atau angin. Semua sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut dengan sistem Pneumatik. Dalam penerapannya, sistem pneumatic banyak digunakan sebagai sistem automasi
Penggunaan sistem Pneumatik antara lain sebagai berikut :

  1. Rem
  2. Buka dan tutup Pintu
  3. Pelepas dan penarik roda-
  4. Roda pendarat     pesawat.
  5. Dan lain-lain.
Kelebihan sistem Pneumatik antara lain :
  1. Fluida kerja mudah didapat dan ditransfer.
  2. Dapat disimpan dengan  baik
  3. Penurunan tekanan relatif lebih kecil    dibandingkan dengan sistem hidrolik.
  4. Viskositas fluida yang  lebih kecil sehingga    gesekan dapat diabaikan.
  5. Aman terhadap kebakaran.
Sedangkan kekurangan dari sistem Pneumatik antara lain:   
  1. Gangguan suara yang bising
  2. Gaya yang ditransfer terbatas
  3. Dapat terjadi pengembunan.
 Sistem Tekanan Tinggi
Untuk sistem tekanan tinggi, udara biasanya disimpan dalam tabung metal (Air Storage Cylinder) pada range tekanan dari 1000 – 3000 Psi, tergantung pada keadaan sistem.
Tipe dari tabung ini mempunyai 2 Klep, yang mana satu digunakan sebagai klep pengisian, dasar operasi Kompresor dapat dihubungkan pada klep ini untuk penambahan udara kedalam tabung. Klep lainnya sebagai klep pengontrol. Klep ini dapat sebagai klep penutup dan juga menjaga terperangkapnya udara dalam tabung selama sistem dioperasikan
Sistem Tekanan Sedang. 
Sistem Pneumatik tekanan sedang mempunyai range tekanan antara 100 – 150 Psi, biasanya tidak menggunakan tabung udara. Sistem ini umumnya mengambil udara terkompresi langsung dari motor kompresor.

No comments:

Post a Comment